Sambal bu Rudy ala rina rinso

Friday, March 18, 2016

Dalam rangka memperingati 10 tahun postingan pertama sambal ini, aku menyalinnya di blog ini.

Posting tentang sambal ini bisa dilihat di blog ini.




Biasalah awalnya Mama bawa oleh-oleh ke Bandung udang plus sambal bu Rudy yg kondang di Surabaya. Mas Tras sangat tersepona eh terpesona dengan sambal yang “membakar” lidah dan rongga mulut. Dan seperti biasa request dah ke aku untuk bikin sambal kaya gituan. Karena aku masih oon dalam hal masak memasak akhirnya aku jowal-jawil sama Lia untuk minta resep sambal pedes kaya punya bu rudy. Lia kasih garis besarnya kemudian aku coba dengan beberapa komposis dan jreng jreng….. komposisi seperti ini yg cucok untuk lidah suamiku. Semoga resep ini bermanfaat dan bisa jadi inspirasi untuk bikin sambal lain yg lebih aduhayyyy…

Sambal Pedas bu Rudy ala Rina Rinso

Bahan :
250 gr bawang merah
250 gr cabe rawit (campur ya ada yg hijau, oranye, dan merah, tp banyakin yg hijau dan oranye)
1 sdt garam
1 sdt gula
15 gr bubuk kaldu atau kira-kira 1 sdm (misalnya royco, masako)
200 cc minyak goreng
 
Cara Membuat :
Kupas bawang merah. Cuci bersih cabe rawit.
Panaskan minyak. Masukkan bawang merah dan cabe rawit. Bawang dan cabenya diutuhin lho, gak perlu diiris atau dipotong. Goreng sampai baunya harum.
Uleg atau haluskan bawang dan cabe rawit, tapi jangan terlalu halus jadi asal di uleg aja. Tambahkan garam, gula dan bubuk kaldu ayam. Goreng sekali lagi sampai minyak berwarna kemerahan, angkat.


4 comments:

Anonymous said...

Sudah coba bikin sambelnya, wah maknyos.

Rina Rinso said...

Alhamdulillah

Unknown said...

Alhamdulillah... sekarang ini jadi salah satu bakulan saya. Semoga berkah ilmu yg sdh di berikan ya mbak Tina..

Rina Rinso said...

Masya Allah Tabarakallah... semoga makin sukses dengan usaha sambalnya.

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino