Pizza Mania Mamma Mia..!!

Monday, September 19, 2011


Entah untuk keberapa kalinya bikin pizza lagi di rumah.
Untuk pizza ini sebetulnya ada cerita di balik pembuatannya.

Alkisah mama papa datang dari surabaya. Eyangnya Nadya dan Ivan ini setiap ketemu kami anak-anak dan cucunya seringkali mengajak makan di restoran pizza yang itu tu. Dan menu favorit eyang ber-2 itu adalah Tuna Island. Kalau dilihat-lihat sebetulnya isinya sederhana kok, hanya tuna dan crab stick.

Berbekal pengalaman membuat pizza di rumah, akhirnya aku dan Nadya berencana mau membuatkan pizza spesial buat eyang kung dan eyang ti, pizza Tuna Island ala Nadya.




Semua bahan-bahan sudah siap. Pizza dough sudah aku baut beberapa hari sebelum eyang datang. Keju mozza rela sudah ada. Ikan tuna juga sudha siap. Cuma ada 1 bahan yang kurang, crab stick. Udah nyari di Foodmart, Giant, dan Hypermart gak nemu yg namanya crab stick. Walhasil gagal deh bikin surprise pizza buat eyang.

Trus daripada hati sedih gundah gulana karena gak jadi bikin pizza surprise, akhirnya malam ini aku buat pizza deh. Sayang malam ini mama papa sudah gak di rumahku lagi tapi di rumah Nungki adikku di warung jati.

Bahan dan cara membuat pizaz dough sudah pernah aku posting di blog ini.
Tapi supaya di sini ada resepnya aku copy paste ya dari tulisanku sebelumnya.



Soft Dough Pizza

Bahan :
350 gr terigu protein tinggi (misalnya cakra)
15 gr gula pasir
5 gr ragi instan
20 gr susu bubuk
200 ml air es
50 gr mentega putih (tp aku pakai blueband)
1 sdt garam (ya...yg ini aku malah lupa gak ngasih).

Cara membuat (ala aku) :

  1. Campur semua bahan kecuali air dan garam. Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  2. Setelah kalis siamkan sampai adonan mengembang 2 kali. Di resep tertulis 30 menit tetapi aku kemarin biarkan proofing di suhu ruang 1 jam 15 menit.
  3. Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit.
  4. Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Seharusnya bagian tepi adonan lebih tebal, tetapi aku kemarin rata aja semuanya.
  5. Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
  6. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
  7. Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza (aku kemarin pakai aus bolognaise sisa saus spaghetti), taburi dengan topping sesuka hati (kemarin aku pakai bawang bombay, paprika hijau, sosis ayam dan tuna kaleng, kemudian di atas tuna aku kasih sedikit mayones) dan taburi dengan keju mozzarela parut.
  8. Oven lagi selama 10menit sampai matang.







Ini nih gaya sang enchef menabur keju mozarela di atas pizza. Oke deh, pizza siap dipanggang dan 10 menit kemudian bisa di nikmati.

0 comments:

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino