Kastengel Tanpa Telur

Monday, September 6, 2010

Aku bukan termasuk orang yang wajib punya toples berisi kue kering di hari raya alias cuek hehehe. Tapi karena terlanjur sudah beli keju edam dan sekarang teronggok di kulkas, mau tidak mau aku harus mempertanggungjawabkan keberadaan keju edam itu.

Rasa malas terus menyerangku selama bulan ramadhan ini, terutama untuk turun ke dapur. Jadi kalau mau buat kue kering kalau bisa yang gak pakai ribet.



Pas lagi bongkar-bongkar file di komputer aku menemukan resep "kaastengel ala ibu tio". Resep ini adalah resep kastengel tanpa telur di adonannya punya-nya Uci dan aku langsung memutuskan untuk membuatnya. Telur hanya di gunakan kuningnya sebagai olesan saja.

Ternyata hasilnya memang enak, renyah, dan itu tadi cocok untukku yang lagi males turun ke dapur.

Ini resepnya aku copy paste dari blog-nya Uci.




Bahan:
250 gr keju tua (edam, parmesan atau gouda)
250 gr butter
350-400 gr terigu (tergantung kondisi menteganya)
2 kuning telur untuk olesan
keju cheddar untuk taburan

Cara membuat:
1. Aduk rata keju dan butter dengan spatula, masukkan terigu sedikit-sedikit....jika sudah bisa dibentuk hentikan penambahan terigu, bentuk sesuai selera.
2. Olesi kuning telur dan taburi dengan keju cheddar.
3. Panggang dalam oven suhu 160 derajatC selama 20 menit hingga kecoklatan dan matang.



Catatanku :

* Kemarin aku pakai baker's mix blending karena gak sabar nunggu butter lembut di suhu ruang, tetapi meskipun pakai blending hasilnya tetap enak, mungkin karena keju yg aku pakai keju edam.

* Suhu yg aku pakai 150 derajat

0 comments:

Post a Comment

Dapurnya Rina Rinso Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino